Cara Mudah Perbaiki SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi


Cara Memperbaiki SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi Terbaru - Kasus SIM Card tidak terbaca pada smartphone Xiaomi dengan ditandai indikator warning / silang pada status bar sepertinya cukup sering dialami oleh banyak pengguna. Saya sendiri pernah menemui masalah ini beberapa kali dan untungnya dalam sekejap SIM Card yang tidak terdeteksi itu bisa saya atasi tanpa perlu repot pergi ke tukang servis.

Pada umumnya smartphone Xiaomi keluaran terbaru menggunakan model slot-SIM hybrid yang bisa di isi dengan dua pilihan, satu SIM Card + memori micro SD Card atau dual-SIM Card tanpa memori micro SD Card. Jika kamu ingin memakai ketiga-tiganya sekaligus masih ada opsi dengan menggunakan adapter tambahan yang biasa dijual di toko aksesoris smartphone atau via online dengan harga bervariasi.

Penggunaan slot-SIM hybrid bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan penggantian SIM Card dan memori micro SD Card tanpa membongkar-pasang baterai seperti yang ada di handphone zaman dahulu. Rata-rata ponsel Xiaomi keluaran terbaru memiliki desain unibody dengan baterai tanam yang mungkin akan sedikit sulit dilepas. Tujuannya tentu untuk membuat smartphone itu terlihat lebih slim, ringkas dan rapi.

SIM Card smartphone Android Xiaomi tidak terdeteksi biasanya terjadi hanya sesekali saja dan kemungkinan rusak akibat faktor hardware sebetulnya sangat kecil. Jika dari segi hardware memang cacat pabrik, tanda-tanda ini bisa dipastikan sudah muncul sejak pertama kali pengguna memakai ponsel ini.

Salah satu penyebab SIM Card tidak terbaca yang paling sering terjadi yaitu akibat smartphone mengalami benturan entah itu jatuh dari meja atau sengaja dilempar ke bantal empuk dan semacamnya. Hal itu wajar terjadi karena disinyalir slot SIM Card goyah dan mengakibatkan konektor tergeser se-per-sekian detik sehingga membuat slot SIM Card dengan motherboard tidak menyambung / disconnect kemudian sistem menerima sinyal bahwa SIM Card tidak ada lalu diteruskan ke pengguna.

Kasus lain yang membuat SIM Card Xiaomi ataupun smartphone Android lain tidak terdeteksi yakni masalah OS, dalam hal ini pengguna mungkin melakukan flashing ROM yang salah sehingga antara hardware dan OS tidak match dan mengakibatkan error SIM Card tidak terbaca. Lebih spesifiknya lagi, umumnya modem NON-HLOS yang tidak sesuai dengan tipe smartphone (termasuk corrupt / rusak / tidak sesuai dengan OS yang terpasang) bisa mengakibatkan hilangnya IMEI dan juga sinyal smartphone itu sendiri.

Tutorial Cara Memperbaiki SIM Card Xiaomi Dan Android Apapun Yang Tidak Terdeteksi Atau Tidak Terbaca Terbaru

Berikut ini beberapa cara untuk memeriksa apakah smartphone Android milikmu rusak slot SIM Card nya atau hanya error ROM nya saja. Dengan mengidentifikasi terlebih dahulu masalah SIM Card tidak terbaca, kamu akan bisa dengan mudah menemukan solusi untuk memperbaikinya.

Restart ponselmu lalu periksa posisi SIM Card

Salah satu cara sederhana untuk memperbaiki SIM Card Xiaomi yang tidak muncul yakni dengan me-restart smartphone tersebut. Seperti kasus yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa ponsel Android yang terbentur atau secara tidak sengaja jatuh bisa membuat slot SIM Card goyah dan mengakibatkan disconnecting. Terkadang juga memasukkan kembali SIM Card dalam kondisi smartphone menyala membuat SIM Card tidak bekerja.

Oleh karena itu, sebelum melakukan suatu tindakan yang beresiko, tidak ada salah nya kamu memeriksa SIM Card Xiaomi milikmu apakah posisinya sudah lurus, lalu masukkan kembali ke slot yang sudah disediakan dan nyalakan ponselmu itu. Banyak orang yang mengalami kasus ini berhasil memunculkan SIM Card nya lagi hanya dengan me-restart ponsel Android nya lalu mengatur ulang posisi SIM Card.

Periksa ketersediaan SIM Card

Meski kamu yakin kalau kamu sudah memasang SIM Card dengan benar namun tetap tidak muncul sinyal, coba periksa ketersediaan SIM Card dari ponsel Xiaomi milikmu. Caranya, buka aplikasi Settings lalu pilih SIM Cards & Mobile Networks. Perhatikan gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas terlihat bahwa ada dua SIM Card yang terpasang di smartphone tersebut. Jika kamu tidak melihat satu pun daftar SIM Card yang kamu pasang di smartphone Xiaomi milikmu dari menu SIM Cards & Mobile Networks, lanjut ke step berikut ini.

Periksa IMEI

IMEI merupakan kode unik yang dimiliki sebuah ponsel. Kode unik ini umumnya selalu berbeda antara ponsel A dengan ponsel B. Meski jika diperhatikan hanya seperti deretan angka acak yang tidak ada gunanya, IMEI mengandung banyak informasi yang bisa digunakan provider seperti informasi jenis ponsel, tanggal pembuatan, lokasi, dan lain-lain.

Hilangnya IMEI pada sebuah smartphone Android akan membuat ponsel tersebut lost signal. Penyebabnya beragam, bisa karena corrupt akibat update ROM, salah pasang modem NON-HLOS, atau karena aplikasi tertentu. Maka dari itu jika SIM Card smartphone Xiaomi milikmu tidak terdeteksi, periksa IMEI nya terlebih dahulu dengan membuka Settings < About Phone < Status < IMEI Information. Jika kosong (entah null, 00, -, dll) kamu bisa mencoba melakukan flashing ulang ROM fastboot Xiaomi terbaru untuk me-refresh seluruh sistem ponsel tersebut.

Bawa ke tukang reparasi smartphone

Apabila dengan me-restart smartphone tidak membuata SIM Card Xiaomi milikmu muncul, memeriksa ketersediaan SIM Card hasilnya tidak ada yang tercantum, dan juga IMEI nya hilang, bisa dipastikan bahwa mungkin slot SIM Card Xiaomi milikmu bermasalah. Mungkin ada salah satu IC yang rusak sehingga menyebabkan masalah ini.

Jalan satu-satunya yang bisa kamu ambil yakni pergi ke reparasi smartphone terpercaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Cukup katakan bahwa SIM Card yang kamu pasang tidak terbaca, niscaya mereka sudah paham apa yang harus dilakukan dan dalam waktu beberapa hari ponsel Android milikmu bisa dipastikan normal seutuhnya. Untuk biaya servis perbaikan SIM Card Android yang tidak terdeteksi biasanya terjangkau, sekitar lima puluh ribu rupiah saja.

Itulah sedikit pembahasan mengenai solusi cara memperbaiki SIM Card Xiaomi dan Android lain yang tidak terbaca tanpa sebab yang pasti. Isi kolom komentar dibawah ini jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Satu lagi, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan jika menurutmu artikel ini berguna. Terima kasih.
 

Sekian artikel kami tentang Cara Mudah Perbaiki SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi jika anda mengalami kesulitan terkait artikel diatas bisa kalian berkomentar dikolom komentar yang sudah kami sediakan. bisa kita shering.
terimakasih sudah membaca artikel di mrghonie.com dan jangan lupa daftarkan email anda supaya tidak ketinggalan mengenai informasi terbaru dari mrghonie.com